Laporan Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa Tahap I Angkatan XI Tahun 2016

KKM merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiwa kepada masyarakat, dimana mahasiswa turut berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah disusun utnuk dapat direalisasikan, bagaimana bersosialisasi, berinteraksi dengan kehidupan bermasyarakat dalam suatu tempat atau wilayah tertentu dengan menerapkan disiplin ilmu yang dimiliki kepada masyarakat.

Dari hasil survey, observasi dan penerapan berbagai kegiatan kami dapat menyimpulkan bahwa Gampong ie Rhob merupakan sebuah Gampong yang mempunyai sejarah tersendiri, ditinjau dari letak geografis Gampong Ie Rhob Timu menempati posisi yang agak sulit dijangkau, karena Gampong terletak 4 km dari pusat Ibukota Kecamatan atau dengan jalan Medan – Banda Aceh, kemudian jalan untuk menuju Gampong ini tidak memadai karena badan jalan pada umumnya telah rusak parah. Ditinjau dari segi potensi alam Gampong Ie Rhob Timu mempunyai beragam sumber daya alam, diantaranya persawahan, perkebunan coklat dan pertanian cabe, jagung, kedele, dan tomat sedang dikembangkan oleh masyarakat setempat. Berdasarkan potensi gampong yang beraneka ragam maka tingkat ekonomi masyarakat pun tergolong mendekati bagus.

Jika diamati dari segi sosial dan budaya, masyarakat masih memegang teguh adat istiadat aceh, namun sangat disayangkan oleh mahasiswa adalah lunturnya kebersamaan, salah satu sikap gotong royong yang sudah mulai memudar, hal ini dikarenakan masyarakat mempunyai tingkat kesibukan yang tinggi. Dari segi kelembagaan, Gampong Ie Rhob Timu sudah tergolong sangat memadai, struktur keperintahan yang dikendarai oleh pemuda-pemuda Gampong membawa tingkat keberhasilan yang lumayan, pemuda gampong mempunyai semangat dan emosi yang positif. Sedangkan petua-petua gampong berada tepat di belakang mereka, mereka hanya berperan sebagai penasehat agar emosi pemuda tersebut tersulut ke arah yang positif dan bisa berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *