Asuhan kebidanan komunitas di desa Cot Kruet Kecamatan Peudada Kabupaten Bireun

Komunitas adalah kelompok orang yang berada pada situasi tertentu. Sarana kebidanan komunitas adalah ibu dan anak balita yang berada pada keluarga dan masyarakat.

Kebidanan komunitas adalah upaya memberikan asuhan kebidanan pada masyarakat, baik individu, keluarga, dan kelompok masyarakat yang terfokus pada lingkungan sehat dan jamban. Program praktik kebidanan Komunitas DIII kebidanan Almuslim di Kecamatan Peudada Cot Kruet dapat dilaksanakan dengan tepat waktu, tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan, namun kinerja dan kedisiplinan mahasiswa masih perlu ditingkatkan. Manajemen pembelajaran kebidanan komunitas telah sesuai dengan visi misi universitas Almuslim, namun masih perlu ditinjau kembali. Oleh karena itu pedoman pelaksanaan praktik pelayanan komunitas perlu direvisi dengan saran dan kebutuhan masyarakat. Partisipasi masyarakat dilakukan atas dasar kesadaran sendiri tanpa mengharapkan balas jasa, namun berharap agar praktek pelaksanaan kebidanan komunitas bermanfaat bagi masyarakat, khususnya ibu dan anak. Dalam setiap kegiatan melibatkan masyarakat mulai dari penyiapan dan pembekalan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan dan sampai dengan evaluasi.

Tanggapan masyarakat terhadap program praktik kebidanan komunitas sangat baik dan merasakan manfaat dari hasil kegiatan mahasiswa. Manfaat yang dirasakan oleh peningkatan kondisi perumahan dan kesehatan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *