Pelatihan Dokter Kecil untuk Siswa SD Binaan Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim

Pelayanan kesehatan pada UKS adalah pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi dan mulut siswa SD  dan setingkat melalui penjaringan kesehatan terhadap murid kelas 1 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan bersama dengan guru UKS terlatih dan dokter kecil secara berjenjang (penjaringan awal oleh guru dan dokter kecil, penjaringan lanjutan oleh tenaga kesehatan).

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga, dan lingkungannya. Dokter kecil merupakan bagian dari Program Kegiatan UKS. Kegiatan pelatihan dokter kecil merupakan kegiatan penting yang harus dilaksanaan sekolah untuk meningkatkan dan memberdayakan kegiatan Usaha Kegiatan Sekolah. Sekolah yang sudah memiliki dokter kecil terlatih pasti akan mandiri dalam hal pelayanan kesehatan di sekolah. Dokter kecil dapat membantu petugas UKS dalam hal pembimbingan kesehatan. Diri dan kesehatan lingkungan di sekolah.

SD 28 Peusangan, SD 24 Peusangan dan MIN Matangglumpangdua merupakan sekolah binaan Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim sejak bulan Oktober Tahun 2013. Sekolah-sekolah tersebut merupakan lokasi pengabdian masyarakat dan lokasi penelitian bagi mahasiswa Diploma III Kebidanan, Universitas Almuslim. Pelatihan Dokter Kecil yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa diploma III Kebidanan Universitas Almuslim kali ini disambut baik oleh sekolah baik guru-guru maupun siswa sekolahs-sekolah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *