Sosialisasi tentang Terapan Tuntutan Al-Quran dan As Sunnah dalam Menuntut Ilmu di Pesantren Ummul Ayman

Ilmu adalah pengetahuan  tentang suatu bidang yang disusun secara   sistematis   menurut   metode   tertentu   yang    dapat   digunakan   untuk menerangkan   gejala   tertentu  pada   pengetahuan.   Ilmu   pengetahuan   adalah terjemahan  dari  kala  bahasa  Inggris, kata science itu sendiri berasal dari bahasa Yunani Scientia yang berarti pengetahuan. Namun  pengertian  yang  umum  digunakan  ilmu pengetahuan  adalah  himpunan pengetahuan  manusia yang  dikumpulkan  melalui proses  pengkajian  dan  dapat diterima  oleh  akal.

Menuntut  ilmu  adalah  suatu  usaha  yang  dilakukan  oleh seseorang untuk merubah tingkah laku dan perilaku ke arah yang lebih baik.karena pada  dasarnya  ilmu  menunjukkan jalan   menuju  kebenaran  dan  meninggalkan kebodohan. Seseorang harus memulai dengan ilmu sebelum beramal. Maksud dari beramal adalah melakukan kegiatan atau melakukan suatu pekerjaan.

Dalam melakukan pekerjaan manusia dituntut mengetahui ilmunya dari pekerjaan tersebut. Karena dengan mengetahui ilmunya pekerjaan akan lebih terarah dan tidak berantakan. Dasar hukum menuntut ilmu yaitu berdasarkan Al-Qur ‘an dan Hadits nabi Muhammad saw. Banyak sekali hadits dan ayat Al-Qur ‘an yang menerangkan tentang  menuntut  ilmu.  Di  dalam  Islam,  menuntut  ilmu  merupakan  perintah sekaligus kewajiban. Manusia diperintahkan untuk menuntut ilmu, karena dengan ilmu pengetahuan kita bisa mencapai apa yang dicita-citakan baik di dunia maupun di  akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *