Pelatihan Sistem Informasi Geografi

Tim Dosen Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Geografi.  Peserta pelatihan ini adalah guru-guru Geografi se Kabupaten Bireuen. Pelatihan yang bertempat di Laboratorium SIG Universitas Almuslim ini dilakukan pada tanggal 10 Desember 2016.

Menurut Ibu Siti Nidia Isnin, M.Sc selaku Ketua Pelaksana Pelatihan, Materi SIG merupakan materi yang penting dalam kajian geografi bagi siswa SMA kelas XII. Geografi merupakan ilmu yang mempelajari bentuk dan fenomena permukaan bumi. Peran SIG dalam disiplin ilmu geografi adalah memvisualisasikan bentuk dan fenomena permukaan bumi dalam bentuk  informasi spasial dan peta.  Harapan diberikan materi  SIG untuk siswa SMA agar siswa mampu mengolah data-data terkait fenomena alam menjadi informasi spasial.

Masalah yang dihadapi saat ini di lapangan, materi SIG sering dilewatkan atau tidak diajarkan dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan keterbatasan guru untuk memberi pengetahuan kepada siswa tentang SIG. Ketidakmampuan guru dalam menjelaskan materi SIG menjadi kendala besar bagi siswa untuk memiliki kemampuan analisis spasial. Setelah Pelatihan ini diharapkan  kemampuan guru geografi meningkat dalam memberikan materi SIG pada siswa SMA di sekolah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *