DOSEN DAN MAHASISWA UMUSLIM MELAKUKAN BAKTI SOSIAL PASCA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter yang terjadi pada tanggal 7 Desember 2016 di Kabupaten Pidie Jaya menghancurkan banyak gedung, fasilitas umum dan rumah penduduk. Gempa tersebut juga menimbulkan banyak korban jiwa baik yang meninggal, mengalami luka berat dan luka ringan.  Salah satu kecamatan yang paling parah dan paling banyak korban jiwa adalah Kecamatan Kuta Pangwa Kabupaten Pidie Jaya.

 

Badan Pelaksana Kuliah Kerja Mahasiswa (Bapel KKM) Universitas Almuslim tergerak melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan Bakti Sosial yang terintegrasi dengan Matakuliah KKM di Kabupaten Pidie Jaya. Kegiatan bakti sosial pasca gempa ini dilakukan oleh tim dosen Universitas Almuslim bersama-sama mahasiswa/i dari berbagai Fakultas yang ada di Universitas Almuslim, diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ekonomi (FE)  dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik (FISIP).

 

Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama 1 (satu) bulan yaitu dari pertengahan Januari sampai dengan 16 Februari 2017 di beberapa titik lokasi gempa yang paling parah. Bentuk kegiatan yang dilakukan di lokasi pengabdian antara lain membersihkan fasilitas umum yang masih bisa digunakan; mengajar siswa/i di sekolah-sekolah darurat; bimbingan shalat pada siswa; membuat permainan untuk anak pra sekolah; mengajarkan membuat kue dan prakarya dari benang dan kain pada ibu dan remaja putri; mendistribusikan sembako dan hasil sumbangan donator kepada korban gempa dengan koordinasi Pemda setempat serta kegiatan lainnya sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *