Penyuluhan Radang Genitalia Interna

Penyakit radang pelvis adalah suatu istilah umum bagi infeksi genital yang telah menyebar ke dalam bagian-bagian yang lebih dalam dari alat reproduksi wanita seperti rahim, tuba falopii, dan ovarium. Ini salah satu hal yang amat mengkhawatirkan. Suatu infeksi serius dan sangat membahayakan jiwa dan sangat umum. Satu dari 7 wanita Amerika telah menjalani perawatan karena infeksi ini dan kurang lebih satu juta kasus baru terjadi setiap tahun.

Kurang lebih 150 wanita meninggal per tahun sehingga cukup beralasan untuk memperhatikan gangguan medis ini secara lebih serius. Namun, ada pula kekhawatiran lainnya, serangan infeksi ini diketahui sangat meningkatkan resiko wanita untuk menjadi mandul. Ketika bakteri-bakteri yang menyerang menembus tuba falopii, mereka dapat menimbulkan luka di sepanjang lapisan dalam yang lunak, menyebabkan sukarnya (atau tidak memungkinkannya) sebuah telur masuk ke dalam rahim.

Pembuluh yang tertutup juga menyebabkan sukarnya sperma yang sedang bergerak melakukan kontak dengan sel telur yang turun. Akibatnya, adalah perkiraan yang mengkhawatirkan yaitu setelah satu episode infeksi ini, resiko seorang wanita untuk menjadi mandul adalah 10%. Resikonya akan meningkat  jika terjadi infeksi secara berulang. Kekhawatiran lain dari infeksi pelvis adalah dapat meningkatkan resiko kehamilan di luar kandungan sebesar enam kali lipat. Selain itu, penyakit radang panggul yang dibahas lainnya adalah cervisitis, endometritis dan endometriosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *