Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Matematika pada Guru SMP

Kecerdasan   seluruh   siswa  menjadi   cita-cita   setiap  guru dalam bidang pendidikan, akan tetapi yang terjadi pada saat ini sangat bertolak belakang dengan apa yang diinginkan. Berdasarkan hasil wawancara hampir sebahagian besar para siswa masih kurang  dalam  memahami  maksud  dari  inti  pembelajaran  khususnya  pelajaran matematika yang diajarkan oleh para guru di sekolah.

Para guru terus merefleksi diri supaya kedepannya   terjadinya    perubahan   yang   maksimal    sehingga   dapat meningkatkan hasil  belajar para  siswa  dengan cara merubah  metode belajar  dan menambah  media  pembelajaran.  Pelatihan  yang  dilakukan  adalah  dengan  cara melatih para guru-guru khususnya bidang ilmu matematika se-Kabupaten Bireuen dengan  cara  merubah  model  dan  strategi  pembelajaran  yang  harus  disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari. Sehingga para siswa tidak hanya cenderung belajar dengan satu metode pembelajaran  saja. Dengan adanya variasi model  dan strategi yang diajarakan  dapat membangkitkan  semangat belajar siswa  dan tidak menyebabkan  siswa  bosan  dalam  belajar  sehingga  akibatnya  siswa  tidak  bisa menangkap apa yang telah diajarkan dan hasil belajar menurun.

Pada Pelatihan ini banyak model  dan  strategi pembelajaran  yang  dipaparkan. Beberapa  diantaranya adalah    strategi   dalam   pengorganisasian   pembelajaran,   strategi   penyampaian pembelajaran dan strategi pengelolaan pembelajaran. Pelatihan yang diikuti sekitar 20 orang guru bidang studi matematika se-Kabupaten Bireuen, mendapat respon yang bagus dari para guru, karena kegiatan ini sangat bermanfaat dengan tujuan perubahan model pembelajaran yang dilakukan akan berdampak positi bagi para seluruh siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *