Problematika dan Pemecahan Masalah Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru SD di Kabupaten Bireuen

Kegiatan Pengabdian “Problematika dan Pemecahan Masalah Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi  Guru  SD  di Kabupaten  Bireuen”  dilakukan selama dua hari,  yaitu pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2017. Kegiatan ini melibatkan sejumlah dosen dari Program Studi Pendidikan  Bahasa   Indonesia   dan  PGSD Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh peserta  dari guru-guru SD di Kabupaten Bireuen  yang bertujuan  untuk  saling sharing tentang  ilmu pengetahuan  yang berkaitan dengan Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia yang  dihadapi guru SD di Kabupaten Bireuen di sekolah mereka masing-masing.

Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan seminar tentang konsep problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Dengan seminar ini peserta mendapatkan informasi tentang karakteristik dan ruang lingkup kajian problematika Pembelajaran  Bahasa Indonesia  SD. Setelah kegiatan seminar, dilanjutkan dengan  workshop  pemecahan  Pembelajaran  Bahasa  Indonesia  SD.  Workshop  diajarkan strategi atau metode-metode atau teknik  yang dapat digunakan sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Kegiatan ini bukan hanya teori tetapi peserta juga diminta untuk mampu mengelola pembelajaran dengan model atau metode yang telah diajarkan. Kegiatan pengabdian ini mampu memotivasi peserta dalam memecahkan permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang selama ini dialami di sekolah mereka masing-masing. Dengan adanya kegiatan ini, guru mendapatkan kesempatan untuk tanya jawab tentang permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD dan solusinya. Kegiatan ini juga membangun kerja sama dengan baik antara dosen dan guru SD selaku pelopor pendidikan di SD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *