Pemantauan Pertumbuhan Anak Balita

Masa Balita merupakan masa kritis untuk tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa Balita terjadi pertumbuhan dan perkembangan otak yang sangat pesat dan sangat menentukan kecerdasan anak nantinya. Pemantauan pertumbuhan anak perlu dilakukan sedini mungkin untuk mengetahui apakah anak tumbuh secara optimal atau mengalami masalah.

Dosen dan mahasiswa Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim melakukan pengabdian masyarakat di Desa (Gampong) Cot Geulumpang Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen yang terintegrasi dalam pelaksanaan praktik Asuhan Kebidanan Komunitas mahasiswa Semester V. Kegiatan pengabdian masyarakat  ini diberi judul Pemantauan Pertumbuhan Anak Balita  yang dilaksanakan selama lebih kurang satu minggu yaitu dari tanggal 12 s/d 17 Desember 2017. Ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ibu Dewi Maritalia, M.Kes  dan mengikutsertakan mahasiswa kebidanan  sebanyak 7 orang.

Setelah dilakukan pendataan awal  didapatkan jumlah Balita di Desa Cot Geulumpang berjumlah 27 orang atau 10,1%  dari total penduduk Desa Cot Geulumpang. Seluruh Balita tersebut selanjutnya dilakukan pengukuran Tinggi Badan (TB), Berat Badan (BB) dan Lingkar Lengan Atas (LLA) sebagai indikator pertumbuhan anak. Pengukuran tersebut dilakukan secara door to door di rumah masyarakat desa Cot Geulumpang.

Hail pengukuran didapatkan ada 1 (satu) anak Balita yang mengalami gizi kurang. Temuan ini selanjutkan dilaporkan kepada Puskesmas setempat untuk dievaluasi dan ditindaklanjuti sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *