Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

Gampong Lancok Pante Ara merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen. Luas wilayah Gampong Lancok Pante Ara sekitar 50 Ha yang terbagi dalam 4 dusun dengan jumlah penduduk 395 jiwa.  Dari jumlah penduduk tersebut sekitar 9 % diantaranya adalah anak usia Balita.

 

Di Desa Lancok Pante Ara belum ada fasilitas pendidikan untuk anak usia Balita seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman kanak-kanak (TK). Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Balita di Desa Lancok Pante Ara yang   bertujuan untuk mengetahui perkembangan Balita sesuai usia dan bila terdapat masalah dalam perkembangan dapat segera ditindaklanjuti. Pengabdian ini dilakukan selama 3 hari yaitu dari tanggal 4 sampai dengan 6 Januari 2018 oleh tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Ketua tim pelaksana pengabdian adalah Ibu Dewi Maritalia, M.Kes. Partisipasi mahasiswa dalam pengabdian ini sebagai bentuk praktik langsung dalam melakukan pengkajian perkembangan anak  di masyarakat dengan bimbingan dosen.

 

Deteksi dini perkembangan anak dilakukan di meunasah dan juga door to door. Hasil pemeriksaan selanjutnya dilaporkan ke Puskesmas sebagai bentuk evaluasi Program Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *