Pelatihan Manajemen dan Pemasaran secara Online bagi Pembuat Pliek U Jangka

Pelatihan manajemen dan pemasaran secara online bagi 25 orang ibu rumah tangga pembuat pliek u Jangka dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh tiga orang dosen Universitas Almuslim, yaitu Zara Yunizar, M. Kom., Ernawita, M.Sc., dan Fatimah Zuhra, M.Si. Kegiatan ini dilakukan di rumah Zubaidah, salah satu pengusaha Pliek u di kawasan tersebut. Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat skim Program Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh DRPM Dikti tahun 2018.

Pliek U Jangka merupakan produk pliek u basah yang digemari dan dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Bireuen, dan telah terkenal hingga ke Banda Aceh. Namun, kesulitan utama yang dihadapi adalah produk ini mudah menjadi tengik dan berbau, sehingga cenderung tidak tahan lama. Oleh karena itu, salah satu fokus dalam kegiatan pengabdian ini adalah membantu pengrajin menghasilkan produk pliek u yang bermutu baik dan tahan lama.

Untuk mencapai tujuan ini, telah dilakukan pelatihan penggunaan alat press hidrolik sebagai pengganti klah dalam pemerahan minyak pliek. Selain itu, juga dilakukan pelatihan pengemasan produk pliek u dengan menggunakan teknologi vakum. Pelatihan manajemen usaha serta pengemasan produk melalui desain rancangan label produk juga telah dilakukan untuk meningkatkan nilai usaha kerajinan pliek u Jangka.

Pelatihan pengemasan pliek u
Contoh Pengemasan Produk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *