Desain Game Educasi Math Adventure sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis

Tim Pengusul

Yessi Kartika, Rahmi Wahyuni

Tim Peneliti Mitra

Bornok Sinaga, Juniastel Rajagukguk

 

Pemanfaatan tekhnologi game educasi sebagai media pembelajaran interaktif merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Game educasi ini diharapkan dapat menghilangkan rasa jenuh dan takut untuk belajar matematika dan dapat mempermudah proses pembelajaran pada materi geometri SMA/MA.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan game edukasi math adventure computer based yang dapat meningkatkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa pada materi geometri dan Mendeskripsikan dampak bahan ajar dengan menggunakan game adventure sebagai media pada pembelajaran Geometri (Target Tahun Pertama), Mengembangkan game educasi math adventure android based dan Menguji tingkat kelayakan penggunaan game adventure sebagai media pada pembelajaran Geometri (target tahun ke dua).

Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R &D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan tahapan kegiatan sebagai berikut: (1) Analysis, mengumpulkan informasi; (2) Design, Merancang media animasi berbasis multimedia dan validasi rancangan media; (3) Development, Perbaikan rancangan media; (4) Implementation, Uji coba media; (5) Evaluation, revisi produk media dan pembuatan rancangan media secara masal Penelitian ini direncanakan dilaksanakan selama 2 (dua) Tahun 2018 dan 2019.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media Game educasi math adventure pada pembelajaran geometri yang dihasilkan sangat layak berdasarkan penilaian ahli media. Dari hasil penilaian ahli media mendapat persentase kelayakan sebesar 85,4% dan memperoleh persentase kelayakan tampilan sebesar 91,1%. Hasil penilaian uji coba produk yang dibagi menjadi 2 aspek yaitu meningkatakan kemampuan berfikir kreatif matematis, dan tampilan memperoleh kualitas media yang sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis. Berdasarkan masukan hasil uji coba dilanjutkan dengan revisi media dan produksi media dalam bentuk CD.

Kesimpulan yang dapat tim peneliti sampaikan pada laporan akhir ini adalah media Game educasi math adventure pada pembelajaran geometri yang dihasilkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis.

 

Kata kunci: Game educasi Math Adventure, kemampuan berfikir kreatif matematis, geometri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *