Pendampingan Peningkatan Mutu Produk Terasi di UKM Camar Laut Kampung Kuala Pusung Kapal Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang

Kelompok Camar Laut merupakan kelompok usaha nelayan di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang yang bergerak di bidang penangkapan ikan dan pembuatan terasi udang. Kelompok ini telah menjalankan usahanya sejak tahun 2005 dan memproduksi sekitar 25-30 kg terasi setiap harinya dengan aset sekitar 153 juta rupiah.

Kelompok Camar Laut berkeinginan untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha menjadi lebih baik. Salah satunya dengan cara meningkatkan mutu terasi yang dihasilkan dengan melakukan proses pembuatan terasi menggunakan standar Good Manufacturing Practices  (GMP). Permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Camar Laut tersebut  dibantu penyelesaiannya oleh Tim Dosen Universitas Almuslim dalam bentuk Pengabdian Masyarakat dengan cara melakukan pendampingan. Solusi yang ditawarkan tim pengusul pada mitra untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah :1) Pelatihan Manajemen SDM yang terlibat dalam proses produksi,  Pelatihan SDM dalam bidang quality control produk dan Pelatihan manajemen usaha.

Target luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah : laporan hasil pelaksanaan kegiatan, meningkatnya pengetahuan mitra, meningkatnya keterampilan mitra dan meningkatnya mutu produk yang dihasilkan mitra.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *