Pelaksanaan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) pada UKM Camar Laut untuk Menghasilkan Terasi yang Bermutu

Salah satu tugas Dosen dalam Tridharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Tim Dosen Universitas Almuslim pada pertengahan tahun 2019, di Desa Kuala Pusong Kapal Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Tim Dosen yang diketuai oleh Rindhira Humairani Z., S.Pi.,M.Si dan beranggotakan tiga orang Dosen Universitas Almuslim yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu, yaitu Zara Yunizar, M. Kom, Dewi Maritalia, M.Kes dan Sonny M. Ikhsan, SE., M, Si., melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada Kelompok Camar Laut yang bergerak dalam bidang pengolahan terasi. Rangkaian kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan hibah multi tahun yang didanai oleh Direktorat Jenderal Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti pada skim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD).

Kelompok Camar Laut merupakan kelompok usaha nelayan di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang yang bergerak di bidang penangkapan ikan dan pembuatan terasi udang. Usaha telah dijalankan sejak tahun 2005 dengan hasil produksi rata-rata sekitar 25-30 kg terasi setiap harinya dengan aset sekitar 153 juta rupiah. Adanya permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan usaha dan keinginan untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha menjadi lebih baik menjadikan kelompok Camar Laut bersedia dan sangat antusias untuk dijadikan mitra dalam kegiatan PPPUD ini. Permasalahan yang dihadapi Kelompok Camar Laut antara lain, proses produksi terasi yang belum memenuhi standar GMP; belum adanya quality control produk dan belum adanya manajemen usaha.

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan pada UKM Camar Laut terhadap usaha produksi terasi di Desa Kuala Pusong Kapal Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang, diharapkan masalah mitra dapat terselesaikan melalui program yang ditawarkan, yaitu penyediaan peralatan produksi terasi yang sesuai GMP, pelatihan manajemen SDM yang terlibat dalam proses produksi, pelatihan SDM dalam bidang quality control produk, pembentukan unit quality control, pengujian secara berkala terhadap produk yang dihasilkan serta pelatihan manajemen usaha sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan nilai ekonomis usaha terasi dan menjadikan usaha terasi kelompok Camar Laut sebagai produk unggulan daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *