Umuslim gelar Talkshow Ilmiah dan Diskusi Inovasi HaKi

News.LPPM Umuslim. (08/06/2022). Universitas Almuslim (Umuslim) hadirkan Dr. Eng., Ir., Harianto., ST., M.Eng., IPM., ASEAN Eng, dari UGM sebagai nara sumber Talkshow Ilmiah dan Diskusi Inovasi Kekayaan Intelektual secara zoometing, Acara yang berlangsung secara during di ikuti para Dosen, Guru dan Mahasiswa berbagai universitas dan sekolah, antara lain Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Sumbawa, Univesitas Islam Negeri Ar-Raniry, Politehnik Indonesia Venezuela, SMK N1 Cot Girek, SMK-PP Bireuen, dan SMK PP Negeri Saree, Rabu (8/6/2022).

Narasumber dalam paparannya menyampaikan bahwa kata Inovasi dan HKI sangat menarik sekali untuk dikaji karena, kata Inovasi ini sampai kita menghasilkan produk dan berbeda dengan kreatif yang menggabungkan sesuatu.

Menurut Dr. Eng., Ir., Harianto., ST., M.Eng., IPM., ASEAN Eng, di UGM sendiri kegiatan Inovasi dan HKI sangat didukung oleh pihak Universitas. “Kita harus selalu berinovasi jika kita ingin maju, kalau tidak kita akan ketinggalan dari zaman itu sendiri, kita mulai dari hal yang sederhana dulu seperti Hak Cipta, Paten Sederhana dan Paten sendiri,” ungkapnya.

Kepala Pusat Inovasi dan HKI Umuslim Dr. Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt., S.Ag., MM., IPM., ASEAN Eng menyampaikan bahwa kegiatan ini juga membahas terkait Paten dan Paten Sederhana. Menurutnya jika dilihat hasil karya teman-teman akademisi Umuslim memiliki peluang untuk dipatenkan, tetapi kaarena kurang paham dan tehnis serta prosedur, hal tersebut terabaikan.

Selama ini kami banyak melakukan terkait dengan Hak Cipta, namun untuk Produk Paten masih belum banyak disentuh, harapannya adanya Pusat Inovasi dan HKI di kampus Universitas Almuslim hal tersebut bisa dilaksanakan.  Harapan kami semoga kedepan akan banyak produk hasil penelitian dan pengabdian Dosen Umuslim yang bisa dipatenkan, pungkas Sitti.

Rektor Umuslim Dr. Marwan, M.Pd., menyambut baik kegiatan yang telah diinisiasi oleh Pusat Inovasi dan HKI Umuslim, harapannya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan wawasan yang baik bagi akademisi di lingkup Universitas Almuslim@.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *