Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Almuslim bercita-cita mewujudkan terdesentralisasinya penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk membangun sumberdaya manusia yang Unggul, Profesional dan Islami. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut perlu di dukung dengan kegiatan-kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat bagi sivitas akademik di lingkungan Universitas Almuslim. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat diberikan kepercayaan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2016 untuk posisi grade madya bidang penelitian dan pengabdian masyarakat yang sebelumnya masih binaan. Parameter yang dinilai diantaranya adalah jumlah dan kualitas penelitian serta pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh Universitas Almuslim, terutama  yang  berhasil bersaing secara kompetitif dan didanai oleh  DIKTI.

Civitas akademika Universitas Almuslim merupakan sumber daya yang dipandang oleh masyarakat memiliki kemampuan yang lebih karena  kapasitasnya  yang  berada di dalam lingkungan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni. Untuk itu perlu kiranya civitas akademik yang ada di lingkungan Universitas Almuslim mampu mengaktualisasikan kompetensinya dan keahlian yang dimiliki dalam kegiatan penelitian dan pengabdian  masyarakat

Lebih jauh lagi civitas akademik harus mampu untuk menulis hasil penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut dalam media publikasi baik  dalam  bentuk  seminar, lokakarya, jurnal ilmiah yang bertaraf nasional, regional, maupun internasional. Dengan ini diharapkan hasil karya civitas akademik di lingkungan Universitas Almuslim dapat memberikan kontribusi yang positif dalam membantu menyelesaikan permasalahan bangsa. Workshop penulisan Proposal HIbah penelitian dan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2017 di aula Ampoen Chiek Peusangan Universitas Almuslim.

Maksud dan Tujuan dari kegiatan workshop ini adalah Memberikan pengetahuan bagi dosen yang belum berpengalaman dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian padamasyarakat,mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan proposal penelitian dan pengabdian padamasyarakat,membangun roadmap penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan  keilmuan, mendorong dan meningkatkan  publikasi hasil  riset  dan  pengabdian padamasyarakat pada jurnal berupatasi Nasional dan Internasional.(syifa)