Seminar hasil penelitian desentralisasi merupakan suatu forum pemaparan laporan hasil penelitian sebagai pertanggungjawaban ilmiah untuk mendapatkan penilaian dan penyempurnaan dari peserta seminar dengan maksud agar laporan penelitian dapat menjadi suatu karya ilmiah hasil penelItian yang bermutu.Seminar hasil penelitian desentralisasi tahun anggaran 2016 dilaksanakan rutin menjelang akhir penelitian yang sasaran utama ditujukan kepada dosen yang menang penelitian dengan skim yang berbeda. Sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ristekdikti yang salah satu tujuannya adalah untuk menciptakan keunggulan penelitian di perguruan tinggi, Ristekdikti memandang perlu membuat program penelitian khusus yang memberikan keleluasaan kepada perguruan tinggi untuk mengembangkan penelitian unggulannya.

Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) adalah penelitian yang mengacu pada bidang unggulan yang telah ditetapkan dalam RIP perguruan tinggi. Penelitian ini harus terarah dan bersifat top-down atau bottom-up dengan dukungan dana, sarana dan prasarana penelitian dari perguruan tinggi serta stakeholders yang memiliki kepentingan secara langsung maupun tidak langsung. Sasaran akhir dari penelitian ini adalah dihasilkannya inovasi pendidikan dan teknologi pada bidang-bidang unggulan (frontier) dan rekayasa sosial guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan pada tingkat lokal maupun nasional. Penelitian yang diusulkan melalui program desentralisasi, wajib memenuhi ketentuan umum Penelitian yang sudah ditetapkan oleh Ritekdikti dalam Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Peningkatan pengetahuan dan pemahaman penelitian merupakan salah satu langkah yang strategis untuk pencapaian temuan-temuan terbaru, sehingga nantinya dosen yang terlibat akan termotivasi untuk meneliti. Dari sisi lain keterlibatan dosen dalam penelitian akan berdampak pada kualitas dan kuantitas lembaga yang dinaunginya. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan komunikasi dan interaksi antara dosen Universitas Almuslim denganpara peneliti yang sesuai dengan  misi Universitas Almuslim yaitu:

  1. Meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai sarana mencerdaskan masyarakat;
  2. Meningkatkan profesionalisme Universitas
  3. Meningkatkan produktivitas kerjasama sebagai penunjang pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi

Dalam pelaksanaan kegiatan ini akan di presentasikan hasil penelitian secara panel oleh masing-masing dosen yang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 4 (empat) Proposal, Diploma Kebidanan 1 (satu) Proposal, Fakultas Pertanian 5 (lima) Proposal, Fakultas Teknik 1 (satu) Proposal, sehingga nantinya hasil dari presentasi tersebut dapat diaplikasikan pada instansi ataupun lembaga/jurusan, sedangkan peserta dalam seminar ini adalah Dosen Universitas Almuslim yang menang Hibah  Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari DRPM tahun anggaran 2016 yang berjumlah 11 orang Dosen Universitas Almuslim. Seminar ini akan dilaksanakan di Ruang Seminar Ampoen Chiek Peusangan selama satu hari penuh yaitu tanggal 08 Februari 2017 yang di mulai pada pukul 08.30 s.d pukul 16.30 WIB. Adapun tujuan seminar hasil desentralisasi adalah:

1.   Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan pentingnya penelitian untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggiserta memberikan kemudahan bagi setiap peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya ditingkat Universitas (Lokal), Nasional maupun Internasional secara efektif sesuai tujuan yang telah diharapkan.

2.      Mensosialisasikan hasil  penelitian terbaru sesuai dengan tema – tema penelitian

3.      Mensosialisasikan luaran-luaran penelitian dilingkungan civitas akademika

4.      Menjaring  masukan-masukan dan kritikan yang bersifat konstruktif oleh berbagai pakar di lingkungan Universitas Almuslim