40 Mahasiswa PPs Umuslim Lakukan Pengabdian ke Dayah Putri Muslimat Samalanga

News.lppm.umuslim.ac.id – Jum’at (13 Januari 2024)

40 mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, dari program S2 Pengelolaan SDA Lingkungan, mulai melaksanakan tri darma perguruan tinggi, dalam kegiatan kuliah pengabdian kepada masyarakat (PKM).  Acara ini digelar pada Dayah Putri Muslimat, Samalanga Kabupaten Bireuen pada 13-14 Januari 2024.

Dayah Putri Muslimat, merupakan pasantren dibawah Yayasan Al-Hanafiah yang memiliki SMPS dan SMAS Muslimat. Kepala SMAS Putri Muslimat Samalanga, Dr Tgk.Muhammad Aminullah, MA di dampingi Abi Muhajir SHI Sekretaris Dayah Putri Muslimat Samalanga, menyambut baik kegiatan ini. Karena pihak Umuslim terus melakukan inovasi dan melebarkan sayapnya dengan masuk ke dayah termasuk Kota Santri Samalanga dan salah satunya dengan menjadikan lokasi dayah sebagai pusat kegiatan PKM. Tentu ini akan membawa dampak positif bagi Yayasan dan para peserta didik yang ada di SMAS Putri Muslimat khususnya,

Kata Tgk Muhammad, hadirnya mahasiswa dari pascasarjana Umuslim yang melakukan PkM beberapa hari ini, sangat baik untuk meningkatkan  semangat kearifan lokal dalam menjaga sumberdaya alam dan lingkungan,  pengelolaan sampah yang baik merupakan salah satu bentuk implementasi annadhofatu minal iman.

“Sangat berterima kasih kepada tim Universitas Al-Muslim yang telah memilih dayah Putri Muslimat sebagai tempat kegiatan PK untuk meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban bagi semua umat manusia sebagai bentuk komunikasi kita dengan lingkungan,”’pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Putri Muslimat,  Abah H. Ahmadallah menyambut baik dan mengapresiasi atas terjalinnya kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama nyata yang dilakukan almamater Umuslim dalam mewujudkan santri dan masyarakat hubbul wathan minal Iman, dengan salah satu bentuk kegiatan adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan menjaga dan memanfaatkan lingkungan juga bagian dari kewajiban seorang muslim termasuk santri  disini yang kemudian mampu mengimplementasikan merawat dan menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Abah mengharapkan kerjasama ini terus dilakukan dan berkelanjutan dalam mewujudkan masyarakat ramah lingkungan khususnya di dayah tercinta ini,” harapnya#. @Wk