Kegiatan ini dilakukan karena adanya kesadaran bahwa guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik serta mampu memfasilitasi peserta didik agar mengetahui masalah yang sebenarnya. Pendekatan saintifik dengan metode inquiry merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Materi Tanah diajarkan pada siswa SMA Kelas X Semester II. Materi ini kurang efektif diajarkan karena hanya mengandalkan tatap muka dan tanpa melakukan praktik pengeboran tanah.
Untuk mencapai hal tersebut maka dilakukan kegiatan yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan siswa, berupa praktik penggunaan alat praktikum laboratorium Geografi melalui penggunaan ph soil tester, menganalisa tentang tingkat kehalusan tanah, identifikasi jenis tanah dengan menggunakan buku atau munsel colour chart, serta mengukur suhu dan kelembaban tanah dengan menggunakan termometer dan hygrometer. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan terjadi interaksi yang dinamis antara dosen, mahasiswa dan siswa. Peserta kegiatan ini berjumlah 27 orang.