Sosialisasi dan Pengembangan Seni melalui Gerak dan Lagu serta Pelaksanaannya dalam Kegiatan Sekolah pada Taman Kanak-Kanak Kabupaten Bireuen

Pengembangan seni dianggap  merupakan pemicu dari kesenangan dan indahnya dunia anak, diharapkan bisa memiliki pemikiran asumsi yang baik mengenai seni. Guru-guru lembaga PAUD pada pemikirannya lagu dan gerak hanya sebagai aktivitas tambahan bagi proses belajar yang ada di lembaga PAUD pada pemikirannya  lagu dan gerak hanya sebagai aktivitas tambahan bagi proses belajar yang ada di lembaga PAUD, sehingga proses yang didapat kurang maksimal dan bisa dikatakan hanya sebagai ritual belaka kesehariannya, atau sebagai aktivitas ajang kompetensi yang statis sehingga makna dari seni    melalui gerak lagu belum mendapat tempat yang sesuai dihati anak-anak usia dini. Kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah merenanakan dan menciptakan gerak dan lagu baru, dimana guru dapat merencanakan dan menciptakan gerak dan lagu baru, dimana guru dapat merencanakan kegiatan pembelajaran aktif melalui kegiatan aktivitas fisik dengan tujuan menghasilkan sebuah belajar kreatif dan aktif serta menyenangkan. Dalam sosialisasi ini bertujuan agar guru-guru PAUD yang memiliki peran sebagai penggerak dan pengembang kemampuan dasar AUD bisa memberikan kontribusi besar terhadap seni melalui gerak lincah mengikuti lagu-lagu terkini yang tidak asing ditelinga anak. Dengan kreasi yang digerakkan oleh dosen-dosen pendamping pada pelatihan pengembangan seni yang diperuntukkan guru-guru Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Bireuen memberikan makna  bahwa guru-guru mendapat arahan dan konsep bagaimana cara mengembangkan gerak  aktivtias fisik AUD agar anak dapat mengembangkan kemampuan sosio emosional yang stabil, kognitif yang hebat  dan dapat menikmati kondisi belajar yang ramah bagi PAUD.

Leave a Reply