PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI ZOOM MEETING DAN GOOGLE CLASSROOM

[18/9/2020. LPPM-Umuslim] Pandemi Covid19 telah mempengaruhi setiap sektor kehidupan umat manusia saat ini. Penyebaran virus yang sangat cepat menginfeksi seluruh Negara di dunia, termasuk Indonesia. Segala sektor kehidupan harus survive dengan penyebaran kondisi ini, baik itu ekonomi, politik, kegaiatan administrasi pemerintahan, pelayanan di perusahaan, termasuk juga dalam dunia pendidikan yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Oleh karena kegiatan belajar mengejar tidak bisa dihentikan begitu saja, karena akan mempengaruhi system penilaian dan tahun akademik, maka perkuliahan dengan sistem daring menjadi solusi terbaik untuk kegiatan akademik saat ini.

Kendala yang dihadapi adalah saat ini kegiatan perkuliahan dengan system daring belum familiar di Indonesia, terlebih di daerah-daerah yang sistem pendidikannya masih belum begitu berkembang. Penggunaan sistem daring akhirnya hanya menggunakan alat komunikasi WA atau SMS. Akan tetapi saat ini Zoom Meeting, Google Meet, Google Class Room, dan Webex menjadi solusi perkuliahan daring. Universitas-Universitas besar baik negeri maupun swasta sudah menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Universitas Almuslim sebagai Universitas terbaik Provinsi Aceh, masih kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan system pembelajaran daring. Maka oleh karena itu, Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik berinisitif melangsungkan pelatihan khusus untuk menunjang pelaksanaan kuliah daring. Pelatihan permbelajaran daring difokuskan pada penggunaan aplikasi Zoom Meeting dan Google Class Room. Proses kegiatan pelatihan ini dikonsep sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan selama 15 hari dimulai dari tahap persiapan hingga tahap evaluasi.

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Aplikasi Zoom Meeting dipersiapkan sebagai alat komunikasi langsung dengan mahasiswa. Sedangkan Google Class Room sebagai tempat mengatur jadwal dan materi yang akan disampaikan dalam sebuah mata kuliah satu semester penuh. Pada saat pelatihan tidak ada kendala yang berarti, semua kegiatan berlangsung dengan baik dan outputnya adalah semua peserta memahami cara mengoperasikan sistem perkuliahan daring. Kegiatan ini berlansung mulai dari tanggal 03 September s/d 17 September 2020.***

Leave a Reply