PELATIHAN DESAIN KARAKTER BAGI ANGGOTA KANA

[6/7/2020. LPPM Umuslim] Indonesia memiliki sumber inspirasi dalam penciptaan karakter karena memiliki budaya unik dan beragam. Tentunya dalam penciptaan karakter yang digali dari sumber budaya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Pengembangan sebuah karakter dapat dimulai dari komik, game, novel,atau film. Kemudian dapat diturunkan menjadi merchandise, film, game, mobile, console, board game.

Dalam sebuah film, animasi karakter manusia atau hewan merupakan salah satu unsur yang sangat penting. Karakter merupakan pengisi peran dari cerita sebuah film animasi. Bahkan saat ini sudah menjadi keunggulan karakter dalam film animasi dapat didaftarkan sebagai intellectual property dan kemudian dapat dikomersilkan.

Dosen Universitas Almuslim melaksanakan pengabdian berupa kegiatan pelatihan desain karakter 3D untuk melatih kemampuan membuat karakter animasi bagi anggota komunitas animasi Aceh (KANA), agar dapat bersaing secara nasional bahkan internasional. Desain karakter 3D ini dibuat menggunakan blender free open source software.

Dalam pelatihan ini anggota komunitas juga diberikan pengetahuan tentang topologi modeling sebuah karakter 3D agar mudah dianimasikan. Karena desain karakter tergantung dari tujuannya apakah hanya sebagai model untuk konsep seni atau model objek untuk dianimasikan.***

#Animasi

# komunitasanimasiAceh

Leave a Reply