SOSIALISASI TENTANG PENDIDIKAN KELUARGA

[6/7/2020. LPPM Umuslim] Keluarga adalah tempat paling pertama anak-anak memperoleh ilmu. Saking pentingya posisi keluarga, maka sangat dibutuhkan adanya pendidikan keluarga yang mana orang tua menjadi sang gurunya. Bahkan perlu adanya kurikulum dalam keluarga, sehingga orang tua memikili tugas penting dalam memberikan pemahaman kepada anak dalam bidang Tauhid, Fiqih, dan Tasawuf.

Untuk mendukung program ini, perlu pemahaman yang baik oleh orang tua terkait teknik parenting (Pengasuhan Orang Tua). Zahriyanti, S.Pd.I., MA bersama dengan rekan-rekannya melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan tentang Pola Pendidikan dalam keluarga Kepada Orang Tua di Desa Cot Seurani, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan dimulai tanggal 1 Februari s/d 1 Juli 2020.

Selama ini di dalam masyarakat kurang terdapat materi-materi atau kajian tentang ilmu mendidik anak-anak. Akibat dari kondisi ini, banyak orang tua yang belum memahami tentang bagaimanakah pola pendidikan anak dalam keluarga.

Melalui kegiatan pengabdian ini, para orang tua, terutama ibu-ibu bisa memahami porsi didikan yang bisa dilakukan oleh orang tua (Ibu) dan peran bapak dalam pendidikan keluarga, baik bagi yang memiliki anak laki-laki ataupun perempuan. Tentu terkait anak laiki-laiki atau perempuan memiliki pola yang kurang lebih berbeda dalam menciptkan karakter anak di masa depan (RN)***

#Kurikulumkeluarga

#Parenting

 

Leave a Reply