PEMERIKSAAN HAMIL, GOLONGAN DARAH DAN HB PADA IBU HAMIL DI KLINIK PRATIWI CENTER (PMC) KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

[8/5/20 LPPM Umuslim] Pemeriksaan Arternal Care  (ANC)  sangat penting  untuk ibu hamil.  Profil Kesehatan Provinsi Aceh tahun 2016 rasio kematian ibu terus meningkat. Berdasarkan hal ini Nurhidayati salah satu ketua Tim pengabdian Universitas Almuslim melakukan kegiatan pendampingan  ibu  hamil untuk melakukan pemeriksaan ANC, golongan darah dan Hb.

Kegiatan ini  dilaksanakan di Klinik Pratiwi Medical Center (PMC) Kec. Peusangan Kab. Bireuen  dari tanggal 15 Juni s.d Juli 2020. Menurut anggota tim pengabdian Siti Saleha Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk  untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang deteksi dini resiko tinggi dengan melaksanakan pemeriksaan yang dapat mendeteksi resiko tinggi pada kehamilan dengan  melakukan pemeriksaan ANC (antenatal care).

Adapun peserta berasal dari beberapa pemeriksaan kehamilan, golongan darah dan pemeriksaan HB.  Pada saat kegiatan  yang dilakukan pemeriksaan ANC, rata-rata kondisi ibu hamil dalam kondisi baik dan hanya ada 1 ibu hamil dengan letak sungsang hanya ada 2 ibu hamil yang mengalami anemia sedang, dari seluruh ibu hamil yang diperiksa golongan darah, diperoleh sejumlah 3 orang bergolongan darah A, 4 orang bergolongan darah B, 8 orang.

Diharapkan kepada masyarakat agar memeriksakan diri sesuai dengan ;arahan petugas kesehatan, sehingga dapat meminimalisir terjadi resiko pendarahan pasca melahirkan. Selain itu kepada dosen dan mahasiswa agar kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan berkesinambungan.

Leave a Reply