SOSIALISASI DAN PELATIHAN SENAM HAMIL BAGI IBU HAMIL TRIMESTER II DAN III DI DESA GAMPONG RAYA DAGANG KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

(5/8/2020)- Penjagaan ibu hamil di masa kehamilan untuk mengurangi ketidaknyaman serta nyeri pinggang, terutama pada trimester II dan III kehamilan salah satunya dilakukan melalui kegiatan senam hamil. Namun, pelaksanaannya secara rutin masih sangat jarang dilakukan. Selain itu, ketidaktahuan ibu hamil akan tata laksana senam hamil juga menyebabkan pelaksanaan senam hamil secara mandiri jarang dilakukan. Padahal, senam hamil turut membantu kelancaran dalam proses persalinan.

Oleh karena itu, dosen program studi D-III Kebidanan yang terdiri atas Anna Malia, S.ST., M.Keb. dan Siti Rahmah, S.ST., M. Kes.,  pada tanggal 1 Juni – 31 Juli 2020 mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat Sosialisasi dan pelatihan senam hamil bagi ibu hamil trimester II dan III di Polindes Desa Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pemaparan materi, praktek senam hamil, dan pembagian video senam hamil.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Bidan Desa dan ibu-ibu hamil di lokasi pengabdian, karena berhasil menimbulkan minat ibu hamil untuk bersenam dan menambah pengetahuan baru yang dapat meningkatkan kualitas hidup ibu hamil selama masa kehamilan.

Leave a Reply