Penguatan Pemahaman Islam dan Kedamaian (Ash-Shulhu) di SMA Negeri 2 Bireuen

[22/2/2020. LPPM Umuslim] Dosen Pendidikan Agama Islam melakukan pengabdian masyarakat, kegiatan dilakukan pada sekolah Menengah Atas 2 Bireuen. Dalam kesempatan ini para dosen agama memberikan peningkatan pemahaman terhadap keislaman dan perdamaian.

Islam, secara literal, bermakna kedamaian atau keselamatan. Sebagai sebuah agama dan jalan hidup, Islam menawarkan kedamaian dan keselamatan bagi seluruh manusia di dunia ini. Orang yang memilih hidup dalam Islam akan berada dalam kedamaian dan keselamatan. Dalam konsep Islam, hubungan antar individu dan bangsa-bangsa adalah hubungan perdamaian.

Al-Quran mengajarkan bahwa tujuan Allah menciptakan umat manusia yang berbeda-beda suku dan bangsa agar saling mengenal dan berhubungan satu dengan yang lain dengan damai. Nabi Muhammad datang dengan membawa islam sebagai lambang perdamaian, banyak perubahan-perubahan yang dialami oleh masyarakat Arab ketika itu, kedamaian dirasakan oleh semua pihak, karena islam sangat membenci terjadinya kekacauan dan tindakan kezaliman. Islam yang damai bukan hanya dirasakan oleh orang islam saja, tetapi orang-orang selain islam yang hidup disekitar wilayah islam juga dapat menikmatinya, karena islam merupakan agama yang memberi rahmat untuk semua yang ada dimuka bumi atau dikenal dengan Rahmatan Lil’alamin.***

Leave a Reply