Tim Reviewer Internal lakukan Monev kegiatan PkM Dosen Umuslim

News.lppm.umuslim.ac.id –  Senin (7 Oktober 2024).

Pelaksanaan pengabdian dosen Universitas Almuslim (Umuslim) yang dibiayai dana Hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud Ristek, tahun 2024, sudah mulai dilakukan monetoring dan evaluasi (Monev).

Pagi ini (7/10/2024), LPPM Umuslim dikunjungi dua Reviewer internal nasional, masing-masing, Prof.Dr. Nirzalin, M.Si, CIRR, CIQAR  dan Dr. Mariyudi, SE., M.M, keduanya dari Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Demikian informasi yang disampaikan Ketua LPPM Dr Alfi Syahrin, M.Pd.

Kata Alfi, monev hari ini khusus untuk program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) BATCT-1, dalam bidang Sosial Humaniora, dengan jumlah 4 proposal yang dimenangkan dosen Umuslim tahun ini. Sebagaimana yang telah di teken kontraknya oleh Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan, M.Pd pada tanggal 2 Juli 2024 lalu di Kantor LLDikti XIII Aceh.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, pengumuman hibah tersebut telah dilakukan pada 30 Mei 2024 lalu, dan dikuatkan dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek, Nomor : 0667/E5/AL.04/2024 tersbut, menurut keterangan Kepala LPPM Umuslim meraih dana terbesar untuk PTS Aceh tahun 2024 ini.

Umuslim memenangkan 42 judul proposal Penelitian dan proposal hibah Pengabdian kepada Masyarakat diselenggarakan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud Ristek, sebut Dr Alfi.

Hari ini, kami atas nama LPPM Bersama reviewer internal mitra dari Unimal, mencoba melakukan evaluasi atas 4 (empat) judul PkM, tentang kemajuan dan arah program sesuai payung PkM yang telah ditetapkan, ujar Dr.Alfi.

Menurut penilaian reviewer, secara umum kami menilai kegiatan PkM yang telah dilakukan sudah sangat baik sesuai aturan dan tema yang diajukan, nilai Prof.Dr. Nirzalin.

Ambil contoh, tema kegiatan PkM dari Hakim Muttaqin, M.Ec, Dev dan Tim-nya, yang melaksanakan Pkm tentang Konsep e-Commerce Scholl pada UMKM Kerajinan Lokas Tas Motif Aceh MOM N ME di desa Lhok Mambang, kami lihat dari laporan dan rekaman gambarnya sudah terlaksana dan bermanfaat, malah diterima dengan baik di masyarakat, tambah Prof.Dr. Nirzalin.

Hal senada, juga disampaikan reviewer Dr Mariyudi, dengan mengatakan saya tertarik denga napa yang di PkM kan oleh Tim Dosen Ekonomi Umuslim, atas nama M Saleh, SE M.Si dan rekan-rekannya.

Mereka melaksanakan pemberdayaan kemitraan dengan masyarakat gampong, dengan menggelar pengabdiaan tentang peningkatan produksi menggunakan teknologi tepat guna.  Juga menawarkan sistem pemasaran produk berbasis digital atau Bahasa masyarakatnya penjualan online, sebutnya.

Cuma, kami sarankan agar keluarannya lebih aplikatif, agar khalayak masyarakat dapat mencoba hasil Pk Mini, pingkas Mariyudi. Sebagaimana diketahi, tahun ini Dosen Umuslim mendapat anggaran hibah penelitian dan PkM, mencapai Rp. 2.5 Milyar. Diantaranya terdapat proposal Pemberdayaan Kemitraan masyarakat  (PkM) sejumlah  4 judul, dengan melibatkan 13 pengadi, tutup Alfi Syahrin@Wk#