Proses pembelajaran menjadi suatu hal yang sangat penting sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik. Salah satu tujuan pembelajaran adalah para siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh gurunya. Dengan tingkat kemampuan berfikir para siswa yang berbeda-beda maka menjadi tugas dan tanggung jawab yang besar sehingga para siswa dapat mengikuti dan memahami maksud dari setiap inti pembelajaran. Pelatihan yang digunakan pada pengabdian ini adalah melatih para guru khususnya guru di SMPN 1 Biruen untuk melaksanakan jenis pembelajaran yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tujuan yang ingin dicapai pada pengabdian ini adalah seluruh siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan menerapkan metode penelitian tindakan kelas. Karena kemampuan yang dimiliki oleh para siswa berbeda-beda maka jenis penelitian tindakan kelas sangat bagus untuk diterapkan. PTK merupakan jenis penelitian yang dilakukan secara berulang ataupun bersiklus. Setiap siklus yang dilakukan jika pada setiap kelas nilai ketuntasan yang ingin dicapai belum memenuhi target, ini disebabkan masih ada beberapa siswa yang belum memahami materi yang disampaikan oleh gurunya yang dilihat dari hasil tes akhir yang telah dilaksanakan. Sehingga pembelajaran diulang pada siklus kedua juga belum berhasil maka akan diulang pada siklus ketiga dan begitu seterusnya. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran pengabdian ini adalah para guru khususnya bidang Matematika di SMP N 1 Bireuen. Kesimpulan yang diperoleh adalah kegiatan terlaksana dengan baikĀ dan tertib sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan apresiasi para guru yang sangat baik dalam mengikuti pelatihan karena berkaitan dengan masa depan anak didik supaya semua materi yang diajarkan dapat dipahami oelh seluruh sisawa walaupun memiliki kemampuan yang berbeda.