Pendampingan Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Sains dan Alat Peraga IPA di SD Negeri 8 Peusangan Kabupaten Bireuen

Tujuan utama pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah  agar siswa memahami konsep-konsep IPA secara sederhana dan mampu menggunakan metode ilmiah, bersikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dengan lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan pencipta alam. Pembelajaran IPA memiliki fungsi yang fundamental dalam menimbulkan serta mengembangkan kemampuan berfikir kritis. Metode pendekatan digunakan pada kegiatan pengabdian ini terdiri dari 4 kegiatan yang saling keterkaitan, yaitu merancang bahan ajar berupa media pembelajaran IPA, simulasi, pendampingan dan pembinaan, Tujuan dari kegiatan ini adalah menjadikan Guru SD terampil dalam mengimplementasikan bahan ajar berbasis keterampilan proses sains (KPS) dan meningkatkan pemahaman bahwa dalam pembelajaran IPA dibutuhkan kegiatan praktik dimana pendekatan KPS ini lebih mengarah kepada kegiatan yang lebih mengasah kemampuan psikomotorik siswa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah guru lebih memahami bagaimana pendekatan yang baik untuk mengajarkan IPA di SD, yaitu dengan menggunakan pendekatan KPS dimana pendekatan ini dilaksanakan melalui kegiatan praktikum sains.

Leave a Reply