Dalam pembelajaran sains khususnya fisika, guru diharapkan memiliki keterampilan menerapkan model pembelajaran dan mampu mengaplikasikannya ke dalam kegiatan pembelajaran. Pengaplikasian tersebut belum dapat dipenuhi apabila kemampuan dasar guru dalam menguasai model pembelajaran belum terbentuk. Untuk melahirkan guru yang memiliki keterampilan dalam pembelajaran yang inovatif maka diperlukan adanya sosialisasi pengembangan keterampilan guru fisika. Dalam hal ini, tim pengabdian kepada masyarakat program studi pendidikan fisika, melakukan sebuah kegiatan sosialisasi penerapan model pembelajaran terhadap guru Fisika SMA. Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu dengan subjek pengabdian yaitu seluruh guru Fisika SMA di Kabupaten Bireuen. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan guru mampu menerapkan inovasi-inovasi terbaru dalam pembelajaran sehingga peserta didik tidak merasa bosan dalam belajar fisika. Dari kegiatan ini terlihat masih banyak guru fisika yang belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran fisika di sekolah tempat mereka mengajar.