Seminar Problematika Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen

Pembelajaran  Bahasa  Indonesia  di  SD  di  Kabupaten  Bireuen  akan menjadi  sangat  efektif, bermakna, dan berhasil mencapai tujuan jika guru  mempertimbangkan berbagai falctor yang ada  pada  siswanya  seperti  motivasi,  tipe  belajar,  lingkungan  belajar  yang  disenangi, kelemahan dan kelebihan yang dimiliki siswa  Peran aktif guru  dalam penyampaian materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas sangat menentukan diterima atau tidaknya pesan dan infonnasi  oleh  siswa.   Kesalahan-kesalahan  siswa  dalam  pembelajaran  Bahasa  Indonesia harus dapat  dijadikan motivasi  siswa  untuk  belajar memperbaiki kesalahan tersebut  dan mengetahui kebenaran atas kesalahan tersebut  Di sinilah peran guru untuk meluruskan dan mengarahkannya.

Kegiatan   pengabdian   ini  menyajikan   tentang   Problematika   Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen, Terkait dengan hal tersebnt terdapat banyak permasalahan  yang dialami oleh guru SD di Kabupaten Bireuen sudah terpecahkan dan sudah mendapat solusinya. Kebanyakan masalah yang dialami guru adalah masalah merancang atau mendesain pembelajaran  dan masalah  mengelola  pembelajaran  secara  inovatif dan menyenangkan.     Solusi     yang     dapat     dilakukan     adalah     dengan     menerapkan sejumlah model pembelajaran  yang  dapat  dijadikan  sebagai  alternatif  oleh  guru  Bahasa Indonesia dalam pembelajaran di Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen dan menggunakan media-media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran.

Leave a Reply