Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD di Kabupaten Bireuen akan menjadi sangat efektif, bermakna, dan berhasil mencapai tujuan jika guru mempertimbangkan berbagai falctor yang ada pada siswanya seperti motivasi, tipe belajar, lingkungan belajar yang disenangi, kelemahan dan kelebihan yang dimiliki siswa Peran aktif guru dalam penyampaian materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas sangat menentukan diterima atau tidaknya pesan dan infonnasi oleh siswa. Kesalahan-kesalahan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia harus dapat dijadikan motivasi siswa untuk belajar memperbaiki kesalahan tersebut dan mengetahui kebenaran atas kesalahan tersebut Di sinilah peran guru untuk meluruskan dan mengarahkannya.
Kegiatan pengabdian ini menyajikan tentang Problematika Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen, Terkait dengan hal tersebnt terdapat banyak permasalahan yang dialami oleh guru SD di Kabupaten Bireuen sudah terpecahkan dan sudah mendapat solusinya. Kebanyakan masalah yang dialami guru adalah masalah merancang atau mendesain pembelajaran dan masalah mengelola pembelajaran secara inovatif dan menyenangkan. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan sejumlah model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif oleh guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran di Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen dan menggunakan media-media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran.