PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMASAN PRODUK GARAM BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH DI DESA JANGKA ALUE U KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN

Kegiatan ini dilakukan oleh dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan yang di ketuai oleh ibu Haryani dan juga dibantu oleh satu dosen dan dua orang mahasiswa. Permasalahan sekarang pada kelompok UKM dalam bidang produksi garam desa jangka alue u kecamatan jangka kabupaten bireuen adalah dimana UKM Saat ini setiap harinya mitra hanya memproduksi garam tanpa menjaga kualitas, kurangnya kemampuan UKM untuk menjaga kualitas produk, dan kurang higynes dimana garam yang dihasilkan tidak di kemas dalam kemasan yang tertutup, dan juga produk tidak diberi label sehingga konsumen sulit untuk menemui garam yang terbaik atau sulit membedakan garam yang dipilihnya dari produksi usaha yang mana.

Permasalahan selanjutnya adalah dalam bidang pemasaran masih belum maksimal karena terkendala oleh pengemasan yang tidak praktis baik dalam sulitnya membedakan produk sampai ke masalah higynes dan kualitas produk yang belum maksimal. Dekan ekonomi menyatakan bahwa untuk mengatasi masalah pada lembaga mitra ini, kelompok dosen fakultas ekonomi Solusi yang ditawarkan tim pengusul pada mitra untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Pelatihan strategi pemasaran agar konsumen menarik untuk membeli produk, Pelatihan SDM dalam bidang quality control produk dan Pelatihan memberi kemasan dan label pada produk. Target luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah : laporan hasil pelaksanaan kegiatan, meningkatnya pengetahuan mitra, meningkatnya keterampilan mitra dan meningkatnya mutu produk yang dihasilkan mitra.

Leave a Reply