PELATIHAN PENGELOLAAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI CALON GURU IPA

[4/12/2020. LPPM-Umuslim] Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan kepada calon guru IPA ini meliputi tiga tahap yaitu berupa tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan iniĀ  dilalui guna mencapai tujuan utama yaitu meningkatkan kompetensi calon guru IPA melalui pelatihan pengelolaan laboratorium (Biologi, Fisika, Kimia).

Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah demontrasi, Tanya jawab, ceramah, diskusi dan praktik langsung. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dengan materi-materi tertentu. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pelatihan ini sesuai dengan harapan tim. Berdasarkan hasil analisis angket dapat dilihat bahwa pada setiap aspek penilaian hampir rata-rata dapat dikategorikan baik.

Pada aspek materi, diskusi/Tanya jawab, demontrasi/praktik dikategorikan dalam kategori baik, sedangkan aspek pemaparan materi dan keberlanjutan kegiatan dikategorikan sangat baik. Beberapa saran yang dapat dirangkum adalah terkait dengan alokasi waktu dan jumlah pertemuan.

Dengan banyaknya materi akan lebih maksimal jika jumlah pertemuan dapat ditambah lagi. Saran-saran dari peserta menjadi umpan balik bagi tim pengabdian untuk keberlanjutan kegiatan pelatihan laboratorium bagi calon guru IPA.***

Leave a Reply