Pendampingan Belajar Anak-Anak SD Pulo Kiton untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal-Soal UN

News.LPPM Umuslim. Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Almuslim (FKIP Umuslim) mengadakan “Pendampingan Belajar Anak-Anak SD untuk Meningkatkan Kemampuan  Bepikir Kritis dalam Menyelesaikan  Soal-Soal UN” di SD Pulo Kiton pada senin ( 3/2/2020).  Kegiatan ini diinisiasi beberapa dosen FKIP Umuslim yaitu: Nurhayati, Fatma Zuhra, Asrul Karim, Novianti dan Siti Khaulah.  Pendampingan ini didasari karena masih banyaknya  orang tua  yang memiliki ekonomi menengah kebawah, sehingga banyak siswa yang tidak bisa mengikuti bimbingan belajar tambahan selain dari jam sekolah.

Nurhayati lebih lanjut menjelaskan, Kegiatan ini diawali dengan anak-anak diberikan motivasi tentang pentingnya proses pembelajaran. Kemudian siswa didampingi secara langsung oleh beberapa dosen dan mahasiswa dari program Studi Matematika dan PGSD. Selanjutnya menurut Fatma Zura  siswa diarahkan untuk menemukan sendiri gaya belajarnya sehingga kemampuan berpikir kritis akan berkembang.

Diharapkan  kegiatan Pendampingan ini mampu memberikan manfaat kepada siswa-siswa tingkat akhir sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan Soal-Soal UN.

Leave a Reply