PENYULUHAN TENTANG MANAJEMEN USAHA PADA PENGRAJIN BUMBU MAGUEN INSTAN KERING DI DESA UNOE KECAMATAN SIMPANG TIGA PIDIE

[11/6/20. LPPM Umuslim] Manajemen usaha masih diangap kurang peting bagi pelaku usaha. Kebanyakan pelaku usaha lebih mengutamakan produk dan penjualannya ketimbang pengelolaannya. Padahal, prinsip dasar manajemen penting agar bisnis berkembang  Hal ini juga terjadi pada usaha  bumbu maguen instan kering di Desa Unoe.  Berdasarkan  hal itu Syarifah Maihani salah satu dosen Universitas Almuslim merasa terpangil  untuk melakukan pembimbingan terhadap usaha  bumbu maguen instan kering di Desa Unoe.

Lebih lanjut Syarifah Maihani menjelaskan minimnya pengetahuan tentang manajemen usaha yang baik membuat usaha ini masih belum terorganisir dengan baik, sehingga banyak usaha sejenis yang dijalankan secara mandiri/perorangan. Sehingga, membuat pengusaha bumbu maguen instan kering tidak dapat mengembangkan usahanya. Padahal, harga jual bumbu maguen instan kering dipasaran cukup tinggi tetapi terhambat dengan produksi yang minim.

Kegiatan penyuluhan pada pelaku usaha dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2020 mulai pukul 08.00 wib. s.d selesai. Selama kegiatan berlangsung dirangkum beberapa permasalahan yang dihadapi mitra, yaitu mulai dari pemasaran, produksi, keuangan dan legalitas.

Peningkatan produksi bumbu maguen instan kering tidak hanya berkaitan dengan kuantitas dan kualitas tetapi juga manajemen usaha yang sehat. Harapanya setelah diadakan penyuluhan mengenai hal tersebut  dapat meningkatkan manajemen usaha, agar produk usaha bumbu maguen instan kering yang dihasilkan dapat berdaya saing dan memberikan solusi dari permasalahan mitra.

Leave a Reply