Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Ternak Kambing Berbasis Lingkungan di Gp. Raya Dagang Peusangan

News.LPPM Umuslim. Kegiatan PKM berupa pelatihan manajemen pemeliharaan ternak kambing berbasis lingkungan di Desa Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh adalah untuk menciptakan konsep pengelolaan ternak berbasis lingkungan dan inovatif agar menghasilkan ternak yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal) sesuai rekomendasi Departemen Pertanian dan FAO dengan mendapatkan produksi dan produktivitas secara optimal melalui peningkatan kuantitas dan kualitas bibit, peningkatan produksi ternak, dan pakan ternak dengan pendayagunaan sumberdaya lokal. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni 2020 hingga 31 Agustus 2020, dengan diketuai oleh drh. Zulfikar, M.Si., dosen program studi Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim.

Pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan melalui tahapan: 1) pertemuan awal dengan masyarakat gampong sebagai kelompok peternak dan mahasiswa Prodi Peternakan Semester Akhir; 2) melakukan pembangunan kandang secara gotong royong oleh calon peternak dan mahasiswa; 3) pengadaan ternak kambing; 4) pelatihan usaha ternak kambing diikuti dengan praktikum pemeliharaan.

Hasil pelaksanaan kegiatan PKM berupa pelatihan manajemen pemeliharaan ternak kambing berbasis lingkungan di Desa Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen disimpulkan bahwa: 1) Pelatihan ini merupakan program yang dibutuhkan masyarakat sebagai upaya pemecahan masalah ternak dengan hasil yang belum optimal; 2) pelatihan ini memiliki makna tersendiri bagi peserta pelatihan karena menggunakan metode yang sesuai guna mendapatkan manajemen yang tepat; dan 3) hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peternak dalam tata kelola pemeliharaan ternak kambing untuk mendapatkan produksi dan produktivitas secara maksimal.

Leave a Reply