Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya yaitu anak-anak yang masih berada di bangku Sekolah Dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) membutuhkan bimbingan belajar ekstrakurikuler dan les tambahan untuk membantu mereka dalam memahami pelajaran Bahasa Arab disekolahnya masing-masing. Di samping itu pula, seringkali mereka merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaan rumah mereka mengenai pelajaran Bahasa Arab. Untuk itu mereka membutuhkan bimbingan tambahan guna membantu mereka untuk mengerjakan dan menambah pemahaman mereka tentang pelajaran Bahasa Arab. Dari hal tersebut, peneliti tergugah untuk meneliti lebih lanjut tentang “Mengajar Bahasa Arab bagi Anak Kelas IV Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama di Gampong Cot Seurani”. Berdasarkan permasalahan mitra di atas, maka solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu: 1) pelaksanaan kegiatan bimbingan dan kegiatan ekstrakurikuler pelajaran Bahasa Arab kepada anak-anak kelas IV SD sampai SMP di Gampong Cot Seurani, 2) Adanya satu metode pembelajaran yang memudahkan dan menyenangkan bagi anak-anak kelas IV sampai SMP di Gampong Cot Seurani dalam pelajaran Bahasa Arab, 3) Dapat membantu dan menarik minat anak-anak kelas IV dan SMP di Gampong Cot Seurani untuk belajar pelajaran Bahasa Arab.