Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya yaitu anak-anak yang masih berada di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) membutuhkan bimbingan belajar tentang menulis dan menghafal hadist-hadist tentang ibadah wajib, sebagai ilmu tambahan dan membantu mereka dalam memahami pelajaran Al-Quran hadist. Untuk itu mereka membutuhkan bimbingan tambahan guna membantu mereka untuk mengerjakan dan menambah pemahaman mereka tentang pelajaran Al-Quran hadist. Dari hal tersebut, peneliti tergugah untuk meneliti lebih lanjut tentang “Menulis dan menghafal hadist-hadist tentang ibadah wajib bagi anak kelas IV sampai Sekolah Menengah Pertama di Gampong Cot Seurani”. Berdasarkan permasalahan mitra di atas, maka solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu: 1) Pelaksanaan kegiatan bimbingan dan kegiatan ekstrakurikuler tentang menulis dan menghafal hadist-hadist ibadah wajib kepada anak-anak kelas IV SD sampai SMP di Gampong Cot Seurani, 2) Adanya satu strategi pembelajaran yang memudahkan dan menyenangkan bagi anak-anak kelas IV dan SMP di Gampong Cot Seurani dalam menulis dan menghafal hadist-hadist ibadah wajib, 3) Dapat membantu dan menarik minat anak-anak kelas IV dan SMP di Gampong Cot Seurani untuk belajar dan menulis dan menghafal hadist-hadist ibadah wajib.