Guru memiliki peran penting dalam mengembangkan karakter siswa. Fakta di lapangan juga menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di sekolah selama ini adalah guru mentransfer pengetahuan seperti definisi, aturan, dan ]angkah langkah penyelesaian, lalu siswa menerapkannya dalam menyelesaikan soal-soal yang serupa (Johar dkk, 2014). Hal ini diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan guru dalam mendesain pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, kurangnya informasi terbaru mengenai Kurikulum 2013 baik itu berupa buku maupun media pembelajaran yang berbasis karakter sesuai dengan standar Kurikulum 2013 yang telah diterapkan, dan kurangnya video pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru mengembangkan karakter siswa adalah melalui diskusi workshop guru. Video pembelajaran berbasis karater dapat digunakan sebagai bahan diskusi guru dalam workshop. Salah satu upaya membantu guru melaksanakan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter adalah dengan mendampingi guru menonton video pembelajaran dengan pendekatan realistik berbasis karakter.