Kecerdasan seluruh siswa menjadi cita-cita setiap guru dalam bidang pendidikan, akan tetapi yang terjadi pada saat ini sangat bertolak belakang dengan apa yang diinginkan. Berdasarkan hasil wawancara hampir sebahagian besar para siswa masih kurang dalam memahami maksud dari inti pembelajaran khususnya pelajaran matematika yang diajarkan oleh para guru di sekolah.
Para guru terus merefleksi diri supaya kedepannya terjadinya perubahan yang maksimal sehingga dapat meningkatkan hasil belajar para siswa dengan cara merubah metode belajar dan menambah media pembelajaran. Pelatihan yang dilakukan adalah dengan cara melatih para guru-guru khususnya bidang ilmu matematika se-Kabupaten Bireuen dengan cara merubah model dan strategi pembelajaran yang harus disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari. Sehingga para siswa tidak hanya cenderung belajar dengan satu metode pembelajaran saja. Dengan adanya variasi model dan strategi yang diajarakan dapat membangkitkan semangat belajar siswa dan tidak menyebabkan siswa bosan dalam belajar sehingga akibatnya siswa tidak bisa menangkap apa yang telah diajarkan dan hasil belajar menurun.
Pada Pelatihan ini banyak model dan strategi pembelajaran yang dipaparkan. Beberapa diantaranya adalah strategi dalam pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran dan strategi pengelolaan pembelajaran. Pelatihan yang diikuti sekitar 20 orang guru bidang studi matematika se-Kabupaten Bireuen, mendapat respon yang bagus dari para guru, karena kegiatan ini sangat bermanfaat dengan tujuan perubahan model pembelajaran yang dilakukan akan berdampak positi bagi para seluruh siswa.