Metode tahsin Al-Qur’an merupakan suatu metode membaca Al-Qur’an yang bertujuan untuk memperbaiki dan memperindah tata cara membaca AI Qur’an. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini di antaranya yaitu guru TPA belum memahami bentuk-bentuk metode yang bervariasi yang dapat membantu anak dalam membaca Al-Qur’an dengan mudab dan cepat.
Proses pembelajaran pada materi membaca Al-Qur’an cenderung masih belum efektif, dan kurang menarik diikuti oleh siswa, disamping itu pula, siswa masih kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Sebingga peneliti tergugah untuk meneliti lebih lanjut tentang “PengajaranMetode Tahsin kepada Anak Usia J 1-12 di TPA Bustanul Ulum Desa Meunasah Cot Seurani”. Berdasarkan permasalahan mitra di atas, maka solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu: 1). Pelaksanaan kegiatan bimbingan dan penyuluhan kepada guru TPA tentang bentuk-bentuk metode membaca Al-Qur’an yang interaktif dan inovatif. 2). Adanya satu metode pembelajaran yang memudabkan dan menyenangkan bagi siswa dalam materi membaca Al-Qnr’an melalui metode tahsin 3). Dapat membantu dan menarik minat siswa dalam membaca Al-Qur’an melalui metode tahsin bagi anak usia 11- 12 tahun. Maka dari hasil kegiatan tersebut, peneliti melihat bahwa anak-anak sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti metode tahsin ini. Anak-anak berlomba-lomba untuk memperindah dan membetukan bacaan Al-Qur’annya masing-masing sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid, makharijul huruf yang tepat dan irama tartil yang indah.