Pengajaran Metode Tahsin kepada Anak Usia 11-12 Tahun di Gampong Cot Seurani

Metode  tahsin  Al-Qur’an  merupakan  suatu  metode  membaca  Al-Qur’an yang  bertujuan  untuk  memperbaiki  dan memperindah  tata  cara  membaca  AI­ Qur’an.  Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini di antaranya yaitu guru TPA belum  memahami bentuk-bentuk  metode yang bervariasi  yang dapat membantu anak dalam membaca  Al-Qur’an  dengan mudab  dan cepat.

Proses pembelajaran pada  materi  membaca  Al-Qur’an   cenderung  masih  belum  efektif,  dan  kurang menarik  diikuti  oleh  siswa,  disamping  itu  pula,  siswa  masih  kesulitan  dalam membaca   Al-Qur’an.   Sebingga  peneliti   tergugah  untuk  meneliti  lebih  lanjut tentang PengajaranMetode Tahsin kepada Anak Usia J 1-12 di TPA Bustanul  Ulum DesMeunasah  Cot Seurani”.  Berdasarkan  permasalahan  mitra  di atas, maka solusi yang ditawarkan  dalam pengabdian masyarakat  ini yaitu:  1). Pelaksanaan kegiatan  bimbingan  dan penyuluhan  kepada  guru TPA  tentang  bentuk-bentuk metode membaca Al-Qur’an yang interaktif dan inovatif. 2). Adanya satu metode pembelajaran  yang  memudabkan  dan menyenangkan  bagi  siswa  dalam  materi membaca  Al-Qnr’an  melalui  metode  tahsin  3).  Dapat  membantu  dan  menarik minat siswa dalam membaca Al-Qur’an  melalui metode tahsin bagi anak usia 11- 12 tahun. Maka  dari hasil kegiatan  tersebut,  peneliti melihat  bahwa  anak-anak sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti metode  tahsin ini. Anak-anak berlomba-lomba   untuk  memperindah   dan membetukan   bacaan   Al-Qur’annya masing-masing  sesuai dengan kaidah-kaidah  tajwid, makharijul  huruf yang tepat dan irama tartil yang indah.

Leave a Reply