Teaching Model Pembelajaran Pecahan yang Inovatif Berdasarkan Konsep Matematika

Mengajarkan  pecahan  di sekolah dasar bagi mayoritas  guru dirasakan  menjadi  sangat sulit. Hal ini yang  dialami  oleh mayoritas  guru  yang mengajarkan   pecahan  di SD N 28  Peusangan.   Berdasarkan   kondisi   tersebut   tim  pelaksanaan   pengabdian   kepada masyarakat   dari  Prodi  PGSD  Universitas   Almuslim  akan  melaksanakan   pemodelan  pembelajaran   pecahan  di sekolah  dasar untuk memberikan  pengetahuan  kepada  guru yang akan mengajarkan  pecahan.  Adapun  bentuk  pemodelan  yang akan kami  ajarkan kepada   guru   di   sekolah   tersebut   berupa   proses   pembelajaran    pecahan   dengan menggunakan   benda  manipuatif   (alat  peraga)   pecahan.

Alat  peraga  dalam  hal  ini adalah  luas  area  persegi  panjang.  Luas  area  ini  kemudian  akan  dibentuk  ke  dalam berbagai  bentuk  pecahan   yang  akan  diperkenalkan   ke  siswa.  Dengan  bantuan  alat peraga    ini   juga    kepada    siswa   akan    diajarkan    bagaimana    untuk    memahami perbandingan    pecahan   itu  sendiri.

Berdasarkan   kegiatan   yang  telah  dilaksanakan diperoleh  hasil  bahwa  (1)  siswa  sangat  senang  belajar  pecahan  dengan  model  yang telah   dipraktetkkan,    (2)  pemahaman    siswa   terhadap   pecahan    setelah   diajarkan dengan  model  tersebut  meningkat,   (3)  tanggapan   guru  SD N  28  Peusangan   sangat positif  dengan  parktek  model  tersebut  dan mereka  merekomendasi   model  yang telah dipraktikkan  untuk diterapkan  dalam proses pembelajaran   berikutnya.

Leave a Reply